Tim Akreditasi UIN Bandung Ikuti Pelatihan Outcome Based Education

Posted on

Ketua Jurusan Bahasa Dan Sastra Arab UIN Bandung, Rohanda, M.Ag. yang tergabung dalam Tim Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) UIN Bandung bersama dengan para delegasi LPM UIN Bandung mengikuti kegiatan Pelatihan Outcome Based Education (OBE) yang diselenggarakan sejak 23 s/d 26 Juli 2019 di Hotel Grand Dafam Rohan Syariah Yogyakarta. Kegiatan ini diselenggarakan sebagai bentuk persiapan UIN Bandung dalam peningkatan Sistem Mutu Internal (SMI).

Pelatihan Outcome Based Education (OBE)
Pelatihan Outcome Based Education (OBE)

Bekerja sama dengan Edusquad Training Group, sebuah lembaga training resmi yang bergerak dalam bidang konsultasi penjaminan mutu. Dengan fasilitator Dr. Leni Sophia Heliani, R. Haryo Dwito Armono, Ph.D., Dr.Rachmawan Budiarto dan Dr. Sardjarwa, M.Hum., keempat orang ini memberikan pencerahan bagi para delegasi UIN Bandung mengenai OBE.

Dr. H. Dindin Jamaludin, M.Ag., selaku Ketua LPM UIN Sunan Gunung Djati Bandung mengemukakan bahwa kegiatan ini bagian dari upaya untuk mewujudkan visi UIN Bandung, yakni Menjadi Universitas Islam Negeri yang unggul dan kompetitif berbasis wahyu memandu ilmu dalam bingkai akhlak karimah di ASEAN tahun 2025. “Kami berupaya melakukan enhancement mutu akademik dan mengawal untuk mewujudkan visi tersebut terlaksana, oleh karena itu blue print ke arah tersebut selalu menjadi acuan dan ini merupakan action menuju pada hal tersebut”, ujarnya.

Pelatihan OBE Yogyakarta

Saat ini UIN Bandung memiliki nilai akreditasi A. Maka untuk mendukung visi tersebut, Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN Bandung menjadi inisiator persiapan akrditasi internasional di Asia Tenggara. Salah satunya melalui pendelegasian tim akreditasi UIN pada kegiatan pelatihan Outcome Based Education (OBE) tersebut.

Pihak Edusquad sendiri melalui laman resminya menyatakan bahwa pelatihan Outcome Based Education ini meliputi disain tujuan pendidikan dan capaian pembelajaran, disain alinyemen konstruktif capaian pembelajaran dalam struktur kurikulum, asesmen capaian pembelajaran, serta evaluasi dan manajemen perubahan (change management).

Rohanda, M.Ag.

Setelah mengikuti pelatihan OBE ini para peserta diharapkan memiliki capaian pembelajaran sebagai berikut:

  1. Mampu menjelaskan secara tepat dan mendalam tentang konsep sistem Outcome-based Education (sistem pendidikan berbasis Capaian Pembelajaran).
  2. Mampu memformulasikan Profil Profesional Mandiri (PPM) lulusan sebagai tujuan pendidikan program studi serta merancang Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang terstandar, teramati, dan terukur.
  3. Mampu melakukan disain ulang kurikulum untuk memastikan ketercapaian CPL melalui serangkaian pengalaman pembelajaran, menyusun rencana pembelajaran semester (RPS), serta merancang asesmen sesuai dengan capaian pembelajaran yang telah ditetapkan.
  4. Mampu merancang sistem manajemen perubahan dan sistem penjaminan mutu yang memastikan OBE dapat diimplementasikan secara efektif, sistematik, dan berkelanjutan pada lingkup program studi, departemen, atau fakultas.
  5. Memahami langkah-langkah persiapan menuju akreditasi/sertifikasi bertaraf internasional bagi program studi berbasis capaian pembelajaran, baik untuk bidang keteknikan ataupun lainnya.

Pelatihan OBE merupakan salah satu dari serangkaian kegiatan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung yang dilakukan guna menopang UIN sebagai kampus yang unggul, mandiri & inovatif untuk mencapai visinya Menjadi universitas yang unggul dan inovatif di ASEAN berbasis Wahyu Memandu Ilmu dalam Bingkai Akhlak Karimah pada tahun 2025.

LPM UIN Bandung mendelegasikan 14 orang SDM terpilih dari berbagai fakultas di UIN Bandung dalam Pelatihan Outcome Based Education (OBE) tersebut. Keempat belas orang tersebut antara lain Asep Iwan Setiawan (FDK), H. Usep Saefulloh (FSH), Eko Prabowo Hadisantoso (FST), Budi Budiman (FISIP), Hasby Assiddiqy  (FAH), Asep Andi Rahman (FTK), Tahrir (FPsi), Izzah Faizah Siti Rusydati Khaerani (FU) dan Tim APT yakni Gina Giftia, Heri Gunawan, Anggita Rahmi Hafsari, Rohanda, Aang Mahyani, dan M. Deden Firdaus. (Sumber: http://md.uinsgd.ac.id & http://edusquad.id/)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rating*