Acara Pisah Sambut Ketua Prodi BSA Berlangsung Hangat

Posted on

Acara Serah Terima Jabatan (sertijab) atau pisah sambut di lingkungan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Sunan Gunung Djati berlangsung hangat dan penuh keceriaan, hal tersebut terlihat jelas pada acara yang digelar pada Selasa 22 Oktober 2019 tersebut. Termasuk diantaranya Serah Terima Jabatan Ketua Prodi Bahasa dan Sastra Arab (BSA) yang tampak penuh keceriaan.

Kaprodi BSA sebelumnya, Rohanda, M.Ag., yang saat ini telah dilantik menjadi Ketua Pusat Audit dan Pengendalian Mutu di Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN Bandung, menyerahkan jabatan ketua prodi kepada Dr. Asep Supianuddin, M.Ag. yang saat acara berlangsung berhalangan hadir karena sedang ada tugas lain ke luar kampus, dan diwakili oleh sekretaris Prodi BSA, H. Mawardi, M.A. yang melanjutkan jabatannya sebagai sektretaris Prodi BSA periode 2019-2023.

Acara Pisah Sambut Ketua Prodi BSA UIN Bandung Berlangsung Hangat

Kehangatan dalam acara Sertijab tersebut tidak lain dilakukan untuk membangun atmosfer akademik dan mengingkatkan kualitas pembelajaran di lingkungan Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) UIN  Bandung. Dekan Fakultas Adab dan Humaniora, Dr. Setia Gumilar, M.Si yang didampingi Dr. H. Dadan Rusmana, M.Ag. (Wakil Dekan I Bidang Akademik), Dr. H. Dedi Supriadi, M.Ag., M.Hum. (Wakil Dekan II Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan), Dr. H. Ading Kusdaiana, M.Ag. (Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama) menjelaskan bahwa kegiatan Sertijab ini harus didukung dan dijadikan tradisi untuk menjalin silaturahmi di lingkungan FAH UIN Bandung.

“Silaturahmi ini tidak boleh terputus setelah tidak menjabat lagi. Oleh karena itu, tradisi sertijab ini harus menjadi momentum yang tepat untuk mensyukuri atas apa yang telah diperoleh. Sambil terus berusaha untuk membangun komunikasi bagi yang baru dilantik dan menjadi bagian dari pimpinan Fakultas & Prodi. Karena janji Allah barangsiapa yang bersyukur pasti akan ditambah nikmat dan karunianya dari jalan yang tak terduga dan disangka-sangka,” jelasnya.

Untuk itu, sumbangan pemikiran, gagasan dan kontribusi nyata dari civitas akademika FAH, khususnya yang tidak menjabat lagi sangat diperlukan dalam mempersiapkan diri dan belajar dari AUN-QA (ASEAN University Network on Higher Education for Quality Assurance) sebagai tahapan menuju World Class University. Usaha mewujudkan FAH UIN Bandung yang unggul, bermartabat dan bisa kompetitif di kawasan Asia Tenggara, semua prestasi yang sudah diraih harus ditingkatkan ke arah yang lebih baik lagi.

Acara Pisah Sambut Ketua Prodi Bahasa dan Sastra Arab UIN Bandung

Sebagai bentuk rasa syukur atas keberhasilan Fakultas yang telah berhasil menghantarkan jurusan meraih akreditasi A, Dekan FAH memberikan penghargaan dan sertifikat kepada Ketua Jurusan, Sekretaris Jurusan, Ketua Laboratorium. “Saya atas nama pimpinan Fakultas mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya atas capaian selama ini yang dapat membanggakan Fakultas, dosen, karyawan, mahasiswa, alumni dan mitra kerja,” sambungnya. Lihat juga: 9 Dosen BSA Dilantik Menjadi Pejabat Baru UIN Bandung.

Bagi Dr. Setia Gumilar, M.Si, acara ini sekaligus untuk mengingatkan kepada para pejabat struktural yang baru agar menjalankan amanahnya sesuai tupoksi dengan baik. “Amanah ini berat. Saking beratnya, langit, bumi, gunung, lautan & seluruh isi alam dunia ini menolak tawaran dari Allah subhanahu wata’ala untuk memikul amanah. Hanya kitalah umat manusia yang bersedia memikulnya. Pesan tentang amanah ini telah termaktub pada firman Allah dalam Al-Quran Surat  Al-Ahzab ayat 72,” pungkasnya.