Rohanda, M.Ag Sampaikan Materi IAPS di Fakultas Syariah dan Hukum

Posted on

Dosen Prodi Bahasa dan Sastra Arab sekligus Kepala Pusat Audit dan Pengendalian Mutu UIN Bandung , Rohanda, M.Ag, menjadi pembicara di Fakultas Syariah dan Hukum dalam rangka evaluasi persiapan Instrumen Akreditasi Program Studi (IAPS) pada Selasa 20 Oktober 2019.

Mengisi Laporan Kinerja Program Studi (LKPS) dan Laporan Evaluasi Diri (LED) untuk Akreditasi Program Studi (APS) tidak dapat dikatakan mudah atau sedehana tapi juga tidak bisa dikatakan sulit. Hal ini bukan pada persoalan mengisinya, tapi pada persoalan apa yang akan diisikan ke dalam LKPS dan LED jika kegiatan di prodi belum sesuai dengan tagihan borang. Masalah tersebut akan dihadapi terutama oleh unit pengelola dan prodi-prodi yang telah dan akan submit sejak bulan Mei 2019-2020- an. Hal ini akan berbeda untuk prodi-prodi yang akan submit menjelang tiga tahun kedepan atau sekitar 2023-an karena masih punya banyak waktu untuk mempersiapkan diri.

Rohanda M.Ag Materi IAPS UIN BANdung

Kondisi dilapangan (unit pengelola dan prodi) tiga tahun kebelakang mungkin berbeda dengan tagihan yang harus dipenuhi dalam pengisian LKPS dan LED. Boleh jadi prodi-prodi telah mengerjakan sekian banyak kegiatan tapi belum sesuai dengan tagihan yang harus dipenuhi sesuai dengan tuntutan Instrumen Akreditasi Program Studi (IAPS 4.0). Ini bisa terjadi karena memang ada perbedaan antara renstra (Planning Strategic) dan rencana operasional (Operational Panning) dengan tagihan IAPS tersebut.

 IAPS fakultas syariah dan hukum UIN BANdung

Untuk mengatasi permasalahan di atas, Rohanda juga mengingatkan agar unit pengelola dan prodi-prodi bisa berbenah diri dengan cara menyiapkan berbagai instrument yang sesuai dengan tagihan IAPS 4.0. Instrument tersebut mencakup;

(1) kurikulum KKNI atau kurikulum Outcome Based Education (OBE) yang didalamnya terdapat profil lulusan, PPM/CPL, bahan kajian, bobot dan kedalaman, dan evaluasi, dan luaran;

(2) Renstra dan Renop beserta peta jalan (roadmap) penelitian dan peta jalan PkM; dan

(3) itu semua dibuktikan dengan dokumen yang lengkap.

 IAPS fakultas syariah dan hukum UIN Bandung

Acara yang dihadiri pimpinan Fakultas Syraiah dan hukum, para dosen dan staff tersebut berlangsung dengan lancar dan mendapat perhatian serius, khususnya dari Prodi-Prodi yang sedang mempersiapkan diri untuk akreditasi dalam waktu dekat ini dengan tuntutan sembilan kriteria.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rating*