Seminar Nasional Bahasa & Sastra Arab di Hari ke 3 Pekan Ilmiah FAH

Posted on

Serangkaian kegiatan Pekan Ilmiah (PIM) Fakultas Adab dan Humaniora yang ke-IV telah gelar dan saat ini memasuki hari ke 3. Setelah sebelumnya Prodi Sastra Inggris sukses menggelar seminar dan Call for Paper pada Rabu, 13 November 2019, kemudian diikuti dengan seminar Prodi Sejarah Peradaban Islam pada Kamis, 14 November 2019, pada hari Jum’at ini, 15 November 2019 giliran Prodi Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Adab dan Humaniora UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang menggelar seminar dengan tema Bahasa dan Sastra Arab Bagi Non Arab: Kajian & Penelitian.

Seminar Bahasa dan Sastra Arab UIN Bandung

Seminar yang digelar Prodi Bahasa dan Sastra Arab menghadirkan dua narasumber, yaitu Dr. Hindun Ichsan, M.Hum. dari Departemen Antar Budaya Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Gajah Mada & Dr. Siti Isnaniah, M.Pd. dari IAIN Surakarta. Sedangkan untuk moderator yang memandu jalannya seminar dan diskusi adalah dosen BSA, Dr. Yani Heryani, M.Ag.

Seminar Bahasa dan Sastra Arab Pekan Ilmiah 2019

Acara dibuka oleh Dekan FAH, Dr. Setia Gumilar, M.Si dan dihadiri oleh para wakil dekan, para dosen Fakultas Adab dan Humaniora, khususnya dosen Prodi Bahasa dan Sastra Arab serta mahasiswa Prodi Bahasa dan Sastra Arab. Dalam sambutannya, Dekan FAH menekankan pentingnya bagi para dosen dan mahasiswa Prodi Bahasa dan sastra Arab untuk selalu update dengan perkembangan teknologi yang mendukung proses belajar mengajar agar lulusan BSA mampu berkompetisi dengan lulusan perguruan tinggi lain di tengah-tengah era revolusi industri 4.0.

Seminar Bahasa dan Sastra Arab Pekan Ilmiah 2019 UIn Sunan Gunung Djati Bandung

Ketua Prodi Bahasa dan Sastra Arab, Dr. Asep Supianuddin, M.Ag yang memberikan sambutan di acara tersebut mengungkapkan bahwa tema yang diambil pada seminar ini, diharapkan dapat menyumbangkan pemikiran ke arah kesepahaman bersama tentang pengkajian dan penelitian kebahasaaraban dan kesastraannya bagi non-Arab. Hal ini diharapkan berkontribusi pada kualitas penelitian mahasiswa (Skripsi), dan kuantitas produktifitas penelitian dan publikasi hasil penelitian bagi dosen BSA.

Bahasa Sastra Arab UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Dalam penyampaian materinya, Dr. Hindun Ichsan, M.Hum. mengupas tuntas tentang penelitian Bahasa dan sastra, khususnya bahasa dan sastra Arab. Diantaranya objek formal penelitian sastra, objek material penelitian bahasa Arab, objek formal penelitian bahasa Arab, objek material penelitian sastra Arab, langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan dalam membuat peneltian Bahasa & sastra serta teori-teori yang digunakan. Dr. Hindun juga menjelaskan perspektif yang berbeda antara peneliti asli Arab dan peneliti non Arab dalam melakukan penelitian Bahasa atau sastra Arab, diantaranya yaitu:

  • Peneliti Arab meneliti karya sastra Arab dengan prespektif mereka sendiri.
  • Peneliti non Arab memahami simbol-simbol yang digunakan orang Arab, termasuk gaya bahasanya.
  • Peneliti non Arab (Indonesia) meneliti karya sastra Arab dengan prespektif orang Indonesia yang mempunyai pandangan sendiri dalam memahami permasalahan yang ditemukan dalam karya sastra Arab.
  • Hasil penelitian peneliti non Arab dapat berbeda dengan peneliti Arab karena perbedaan prespektif tadi.

Mahasiswi Sastra Arab UIN Bandung

Sedangkan Dr. Siti Isnaniah memberikan penjelasan lengkap seputar jurnal ilmiah, mulai dari proses penulisan jurnal, manajemen pengelolaan jurnal, kategori jurnal, kategori pengindeks bereputasi, serta beberapa contoh jurnal Bahasa dan sastra Arab yang sudah bereputasi.

Jurusan Bahasa dan Sastra Arab UIN Bandung

Acara berlangsung dengan lancar dan antusiasme tinggi peserta yang menyimak pemaparan dari kedua pemateri dawi awal hingga selesai, hal ini terlihat dari tidak adanya kursi yang kosong pada saat seminar berlangsung, karena terisi penuh oleh para peserta. Acara ditutup dengan penampilan dosen musikalisasi puisi BSA, Dr. Fadlil Yani Ainusyamsi, M.Ag. yang membawakan beberapa lagu dengan gitar akustik untuk menghibur peserta, yang sempat berduet dengan salah satu pemateri, Dr. Hindun Ichsan, M.Hum.

Dr. KH. Fadlil Yani Ainusyamsi, M.Ag

Setelah ini akan digelar kegiatan Aksi Kreativitas Akademik dan Budaya (AKRAB) sebagai lanjutan dari Pekan Ilmiah Mahasiswa (PIM) pada Senin hingga Rabu, 18-20 Nopember, dengan berbagai lomba akademik, seni, dan olah raga dengan mata lomba futsal, musikalisasi puisi, menulis esai, akrab voice dan duta bahasa. Berlanjut Kamis, 21 Nopember dengan Seminar Enterpreneurship. Sedangkan pada Jum’at, 22 Nopember, diadakan Gebyar Budaya dan Orasi Kebudayaan bersama KH. Acep Zamzam Noor dan Dalang Opick Sunandar Sunarya.