Rohanda, M.Ag. Jelaskan Alur Penyusunan Kurikulum KKNI & OBE Di Fakultas Ushuluddin

Posted on

Rohanda, M.Ag kembali memberikan pendampingan dan pelatihan tentang kurikulum KKNI dan OBE (Outcome Based Education). Kali ini ia diminta oleh Fakultas Ushuludin UIN Bandung. Dalam kesempatan tersebut, Rohanda menjelaskan bagaimana alur penyusunan kurikulum KKNI dan OBE dengan mengambil contoh penerapannya pada Prodi Ilmu Al-Quran dan Tafsir (IAT).

Rohanda, M.Ag Kurikulum KKNI dan OBE Fakultas Ushuluddin UIN BandungDosen Prodi Bahasa dan Sastra Arab yang juga menjabat Kepala Pusat Audit dan Pengendalian Mutu LPM UIN Bandung tersebut memamparkan alur pembuatan kurikulum secara mendetail dengan mulai membuat formulasi untuk  profil lulusan /PPM, CPL/ LO (Learning Outcome), bahan kajian, bobot & kedalaman BK, membentuk mata kuliah dan SKS, mendesain kurikulum berbasis CP (KKNI) dan langkah terakhir adalah mendesain RPS dan CPMK serta sub CPMK, semua formulasi tersebut tentu harus berpangkal pada visi dan misi Universitas, Fakultas dan Prodi itu sendiri.

Workshop Penyusunan Kurikulum KKNI dan OBE LPM UIN Bandung

Dalam kesempatan tersebut, Rohanda juga menjelaskan bagaimana bobot dan jumlah SKS sebuah mata kuliah ditentukan, tentu tidak bisa semata-mata karena keinginan sendiri, namun ada ‘hitung-hitungannya’ yang terkait dengan profil lulusan, capaian pembelajaran, pemilihan bahan kajian dan bobot kedalamannya.

Ketua Pusat Audit dan Pengendalian Mutu UIN Bandung

Acara yang dihadiri oleh Wakil Dekan, para Ketua Prodi, Sekretaris Prodi, para dosen, dan staf tata usaha tersebut mendapat sambutan yang baik dari para peserta. Hal ini tidak lain karena pentingnya penyusunan sebuah kurikulum untuk pembentukan profil lulusan yang berkualitas. “Kurikulum merupakan subjek vital untuk menguatkan profil lulusan”, ujar dekan Fakultas Ushuludin, Dr. Wahyudin Darmalaksana, M.Ag.

Acara yang dihadiri 50 orang peserta tersebut berlangsung di Aula Fakultas Ushuluddin lantai IV pada 18 November 2019 dan dipandu oleh Wakil Dekan bidang akademik Fakultas Ushuluddin, Dr. Radea Juli Hambali, M.Hum.