Ketua Pusat Audit dan Pengendalian Mutu LPM Jelaskan Cara menyublim Berita di Acara Bawaslu KBB

Posted on

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bandung Barat (KBB) menyelenggarakan kegiatan rapat & diskusi tentang Keterbukaan Informasi Publik & Sublimasi Berita pada Senin, 16 Desember 2019. Kegiatan diskusi tersebut merupakan rangkaian kegiatan untuk meningkatkan kapasitas & kualitas SDM, berkonsentrasi pada penguatan pemahaman konseptual untuk menunjang kerja-kerja kelembagaan dalam memberikan pelayanan berupa informasi kepada masyarakat.

Ketua Pusat Audit dan Pengendalian Mutu LPM Jelaskan Cara menyublim Berita di Acara Diskusi Bawaslu KBB
Image: instagram @bawaslubandungbaratkab

Ketua Pusat Audit dan Pengendalian Mutu LPM UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Rohanda, M.Ag didaulat sebagai narasumber dari unsur akademisi pada acara tersebut. Peserta diskusi terdiri dari para Pimpinan dan seluruh staf pelaksana yang ada di lingkungan Bawaslu Kab. Bandung Barat.  Dalam pemaparannya, Rohanda menjelaskan secara gamblang tentang Menyublim Berita; mulai dari definisi berita, jenis, struktur, sifatnya dan fungsinya serta bagaimana cara membuat press release juga membuat berita yang baik dan benar. Dosen Prodi Bahasa dan Sastra Arab tersebut juga menyoroti tentang banyaknya berita bohong atau hoaks di era sosial media sekarang ini. Menurutnya ada 2 jenis berita hoaks, yaitu slander dan libel, slander adalah berita hoaks yang disebar secara lisan, sedangkan libel adalah berita hoaks yang disebar lewat tulisan. “Libel adalah berita bohong yang berisikan tentang penghinaan, penistaan, pencemaran nama baik, hasutan, dan lain sebagainya yang merugikan orang lain yang dituangkan dalam tulisan”, jelasnya.

Rohanda, M.Ag UIN Bandung
Image: instagram @bawaslubandungbaratkab
Rohanda, M.Ag LPM UIN Bandung
Image: Instagram @bawaslubandungbaratkab

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bandung Barat memiliki tugas sekaligus tanggung jawab untuk menyampaikan informasi yang benar kepada masyarakat sebagai bentuk pertanggungjawaban etis pada publik. Diskusi yang diadakan di di Kantor Sekretariat Bawaslu Kabupaten Bandung Barat ini menjadi sangat penting karena dengan memaksimalkan penyampaian informasi berita kepada publik merupakan cerminan bahwa Bawaslu KBB merupakan Lembaga publik yang terbuka kepada seluruh lapisan masyarakat, khususnya di wilayah Kabupaten Bandung Barat.