BSA Rumuskan Program Kerja 2020 di Mercure Hotel Jakarta

Posted on

Prodi Bahasa dan Sastra Arab (BSA) mengadakan rapat kerja pada Jumat, 24 Januari 2020 di ruang Batavia 2 hotel Mercure Ancol, Jakarta. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan rapat koordinasi (Rakor) yang dilaksanakan oleh Fakultas Adab dan Humaniora UIN Sunan Gunung Djati Bandung pada 23-25 Januari dengan tema “Menguatkan Akuntabilitas Tata Kelola Akademik dan Administrasi dalam Rangka Penguatan Mutu Tri Dharma Perguruan Tinggi di Fakultas Adab dan Humaniora UIN SGD Bandung”.

Rapat Kerja BSA UIN Bandung

Rapat yang dipimpin oleh ketua prodi BSA, Dr. Asep Supianudin, M.Ag. ini membahas isu akreditasi Internasional Program Studi beserta tantangannya. Selain itu, beberapa hal penting yang dijadikan pembahasan adalah evaluasi program kerja tahun 2019 dan rumusan program kerja BSA tahun 2020, yaitu penyelenggaraan workshop kurikulum, pembentukan konsorsium keilmuan, evaluasi pelaksanaan PPL, evaluasi Pelaksanaan praktikum mata kuliah, evaluasi pelaksanaan pembingan skripsi, peningkatan publikasi dosen, penyelenggaraan Seminar Internasional, peningkatan status jurnal Hijai dan penyelenggaraan temu alumni BSA.

Rapat Koordinasi Prodi Bahasa dan Sastra Arab UIN Bandung

Rakor BSA UIN Bandung di Mercure Hotel Ancol Jakarta

“Kita ingin di tahun 2020 ini jumlah mahasiswa baru yang diterima sebanyak 200 orang, itu artinya menambah 1 kelas dari 4 kelas menjadi 5 kelas, dengan jumlah mahasiswa 40 orang per kelasnya,” ujar Asep Supianudin saat menjelaskan salah satu program kerja kepada para dosen.

Rapat Pembuatan Program Kerja Tahunan BSA UIN Bandung

Acara dilanjutkan dengan diskusi yang dimoderatori oleh sekretaris prodi BSA, H. Mawardi, MA. Diskusi berlangsung hangat dan seru karena permasalahan dan tantangan untuk perumusan program kerja tahun 2020 ini tidak sedikit.

Rapat Komisi Jurusan BSA UIN Bandung

Namun setelah diskusi yang cukup panjang, draft program kerja sudah disepakati serta sinkron dengan Indikator Kinerja Utama (IKU) yang disepakati dengan fakultas yang kemudian dipresentasikan dalam rapat pleno tingkat fakultas oleh ketua Prodi. Semua dosen, staf, kaprodi juga sekprodi Bahasa dan Sastra Arab siap bahu membahu serta bekerja sama untuk mencapai target yang ingin dicapai di tahun 2020 ini.