Prodi BSA Siapkan Standar Mutu Perkuliahan Online Sesuai SK Rektor

Posted on

Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung mengadakan kuliah online sejak tanggal 16 Maret 2020. Hal ini tidak lain karena dampak pandemi virus Corona yang masih belum berakhir. Berbagai upaya dilakukan, baik oleh pihak universitas, fakultas, prodi serta para dosen agar perkuliahan tetap berjalan efektif dengan berbagai kekurangan dan kelebihannya. Media pembelajaran online seperti E-Knows dan lainnya dikembangkan agar mendukung perkuliahan daring ini.

eknows UIN Bandung

Tentu saja, pihak UIN Bandung menjamin kualitas dan standar akademik program perkuliahan dalam jaringan (online) ini sama dengan pelaksanaan perkuliahan tatap muka. Selain itu, UIN Bandung juga menjamin kualitas interaksi antar mahasiswa dan dosen terjadi dengan baik. Dan terakhir, menjamin kualitas media yang digunakan sesuai dengan karakteristik mata kuliah yang diajarkan. Hal ini untuk menghilangkan kekhawatiran berbagai pihak bahwa perkuliahan online ini akan menurunkan kualitas pembelajaran.

Jaminan standar mutu perkuliahan dalam jaringan tersebut dituangkan dalam Surat Keputusan Rektor Nomor: B-175/Un.05/V.7/PP.00.9/03/2020 tentang standar mutu perkuliahan dalam jaringan. Untuk point-point selengkapnya dari SK tersebut bisa klik disini.

Demikian juga dengan Prodi Bahasa dan Sastra Arab (BSA), Fakultas Adab dan Humaniora UIN Bandung yang terus berbenah meningkatkan kualitas pembelajaran dan pelayanan kepada mahasiswa di masa pandemi Covid-19 ini. Berdasarkan hasil monitoring yang dilakukan oleh pihak Prodi, berbagai media online selain E-Knows dipergunakan para dosen BSA untuk melakukan pembelajaran online agar memenuhi standar mutu yang telah ditetapkan oleh Rektor meliputi perencanaan, perancangan dan strategi, interaksi perkuliahan & evaluasi perkuliahan.