8 CPNS FAH 2019 Diambil Sumpah Sebagai PNS via Teleconference

Posted on

Rabu, 13 Mei 2020 menjadi moment bersejarah bagi 8 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) angkatan 2019. Bersama dengan 66 CPNS lainnya yang berada di lingkungan UIN Sunan Gunung Djati Bandung, mereka diambil sumpahnya sebagai PNS. Pengambilan sumpah via teleconference dengan aplikasi zoom meeting ini sesuai dengan Surat Edaran (SE) Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nomor 10/SE/IV/2020 tentang Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji PNS atau Sumpah/Janji Jabatan Melalui Media Elektronik/Teleconference Pada Masa Status Keadaan Tertentu Darurat Bencana Wabah Penyakit Akibat Virus Corona, yang ditandatangani pada Kamis 02 April 2020 silam.

Pengambilan sumpah PNS UIN Bandung

Acara yang dimulai pada pukul 10.00 WIB tersebut dilangsungkan di ruang sidang Gedung O. Djauharuddin AR. dengan mengundang perwakilan 5 orang CPNS 2019, dan sisanya bergabung secara online. Acara yang dihadiri oleh Rektor UIN Bandung, Prof. Dr. Mahmud, M.Si., Wakil Rektor, Kabag Kepegawaian, Kabag dan Kasubbag masing-masing fakultas dan sejumlah pimpinan tersebut tetap menerapkan protokol kesehatan seperti physical distancing, memakai masker dan lainnya.

Pengambilan sumpah PNS UIN Bandung via zoom meeting

Dalam sambutannya, Rektor menyampaikan rasa syukur karena semuanya masih diberi kesehatan dan masih bisa melaksanakan tusi masing-masing dengan baik. Ia juga berharap para PNS baru di lingkungan UIN Bandung nantinya akan diberi pelatihan manajemen ASN dan pelatihan lainnya sebagai tindak lanjut pembinaan agar kualitas mereka semakin meningkat. Selain itu, rektor juga berpesan agar sebagai PNS harus diniatkan sebagai ibadah. “Niatkan untuk ibadah, bukan untuk mengejar koin, tapi mengejar poin, poin prestasi. Apalagi kita bekerja di bawah Kementrian Agama yang memiliki moto Ikhlas Beramal, jika niat kita benar dan maksimal dalam mengejar poin prestasi, insyaallah koin akan otomatis mengikuti,” ujarnya.

Prof. Mahmud juga mengingatkan para PNS untuk senantiasa menjunjung tinggi 4 pilar kebangsaan, yaitu Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhinneka Tunggal Ika serta taat pada pemerintah yang sah juga apapun yang sudah menjadi kebijakan pimpinan. Hal lain yang ditekankan adalah masalah profesonalisme sesuai rumpun keilmuan. Ia berharap setiap PNS UIN Bandung berprestasi di bidangnya masing-masing. “Jadilah ahli di bidang keilmuan masing-masing, jangan banyak mengomentari urusan orang lain yang tidak ada hubungannya dengan bidang kita, tapi fokuslah untuk meningkatkan kemampuan dan keahlian masing-masing serta menghasilkan karya yang bermanfaat.” jelasnya.

Pengambilan sumpah PNS Fakultas Adab dan Humaniora UIN Bandung
PNS Fakultas Adab dan Humaniora UIN Bandung saat pengambilan sumpah

Acara dilanjutkan dengan pengambilan sumpah yang diikuti oleh seluruh CPNS UIN Bandung angkatan 2019. Tampak hadir mengikuti pengucapan sumpah via aplikasi zoom meeting 8 CPNS dari FAH, mereka adalah Agry Pramitha, M.A. (Dosen Prodi Sastra Inggris), Agung Purnama, M.Hum. (Dosen Prodi Sejarah Peradaban Islam), Erfan Muhammad Fauzi, M.Pd. (Dosen Prodi Sastra Inggris), Erlan Aditya Ardiansyah, M.Hum. (Dosen Prodi Sastra Inggris), Fathia Lestari, MA. (Dosen Prodi Sejarah Peradaban Islam), Irfan Addriadi, M.Pd.I. (Dosen Prodi Bahasa dan Sastra Arab), Muhamad Riza, M.Hum. (Dosen Prodi Sejarah Peradaban Islam) dan Yoga Sudarisman, MA. (Dosen Prodi Sastra Inggris).

Dekan FAH, Dr. Setia Gumilar, M.Si. mengapresiasi pengambilan sumpah PNS baru ini dan menurutnya rasa syukur sebagai ASN dapat diwujudkan dengan terus berlomba dalam kebaikan dan memajukan lembaga. “Saya mengucapkan selamat menjadi ASN FAH UIN Bandung kepada 8 orang CPNS FAH angkatan 2019, semoga dapat mensyukurinya, karena ini merupakan kenikmatan besar yang diberikan Allah pada teman teman ASN. Semoga semuanya bisa memahami dan bisa memgimplementasikan apa yang diamanahkan oleh  Pak Rektor dalam sambutannya. Saya atas nama pimpinan mengajak pada semuanya untuk senantiasa berupaya memberikan hal yang terbaik bagi kemajuan lembaga ini. Saya percaya bahwa saudara semuanya mampu untuk berlomba lomba dalam kebaikan. Sekali lagi selamat dan mari bergabung di FAH UIN.Bandung,” ujarnya.

Sekretaris Jurusan Bahasa dan Sastra Arab, H. Mawardi, MA., memberikan selamat kepada para PNS yang baru diambil sumpahnya dan berharap di masa depan menjadi bagian penting dari UIN Bandung dalam menuju Word Class University. “Selamat untuk para PNS FAH yang baru dilantik, khususnya untuk ASN jurusan Bahasa dan Sastra Arab. Semoga Allah mudahkan dalam mengemban amanah. Mereka adalah para generasi ASN di Fakultas Adab dan Humaniora, dimasa yang akan datang mereka menjadi penyambung estafet kepemimpinan struktural maupun dosen di jurusan masing-masing. Semoga jurusan, mahasiswa dan seluruh civitas akademika FAH bertambah kualitasnya dalam menyongsong UIN Bandung menuju World Class University,” jelasnya.

Irfan Addriadi, PNS dosen Prodi Bahasa dan Sastra Arab (BSA) mengungkapkan rasa syukurnya atas pengambilan sumpah PNS hari ini. Menurutnya hal tersebut merupakan moment yang ia dan rekan-rekannya nantikan. “Kami sebenarnya sudah menerima scan SK PNS sejak awal April lalu, jadi pengambilan sumpah ini menjadi langkah berikutnya yang kami tunggu, alhamdulillah undangan dari rektor datang juga beberapa waktu lalu. Meskipun melalui teleconference, kami bersyukur hari ini bisa diambil sumpah dan sah menjadi PNS 100%. Tentunya kami terus mengharapkan bimbingan dari para pimpinan dan para senior agar menjadi lebih baik dan agar menjadi manusia yang bermanfaat bagi sesama, sehingga menjadi PNS atau ASN bukan hanya sekedar pekerjaan, tapi juga menjadi amal kebaikan yang bernilai di sisi Allah,” ungkapnya.

Semoga saja setelah menjadi PNS 100%, semuanya bisa memberikan yang terbaik bagi institusi, bangsa dan negara. Sebagaimana harapan Rektor UIN Bandung, yaitu menjadi PNS yang profesional, memiliki karya yang bermanfaat dan selalu menjunjung tinggi pilar-pilar kebangsaan serta berakhlakul karimah.