Buku Metode Penulisan Karya Ilmiah Adib Sofia

Posted on
Judul Buku Metode Penulisan Karya Ilmiah
Penulis Dr. Adib Sofia, S. S., M.Hum.
Desain Cover Nugraha Hilyas
Penerbit Bursa Ilmu
ISBN 978-602-1578-09-4
Edisi Revisi
Cetakan Pertama Desember 2017

Oleh Nika Novita (Mahasiswa Semester 2 Tahun 2020)

Sebuah buku berjudul Metode Penulisan Karya Ilmiah ini ditulis oleh sarjana lulusan S1 cumlaude Jurusan Sastra Indonesia UGM bernama Dr. Adib Sofia, S. S., M.Hum. Tak hanya itu, beliau juga mendapatkan beasiswa Ford Foundation dan Kemendikbud RI untuk melanjutkan S2 dan S3 nya di Universitas yang sama. Wanita kelahiran Yogyakarta, 15 januari 1978 ini, kini tengah menjadi pengajar tetap di UIN Sunan Kalijaga. Mengajar mata kuliah Bahasa Indonesia, Filologi, Pengantar Linguistik, Filsafat Bahasa, Hermeneutika, dan Semiotika. Buku yang pernah ia tulis dalam bidang Bahasa dan Sastra diantaranya adalah Belajar Bahasa Indonesia (2012), Aplikasi Kritik Sastra Feminis (2009), Pendidikan Sastra dan Karakter Bangsa (2011), dll.

Metode Penulisan Karya Ilmiah Adib Sofia - Nika NOvita
Resensi Buku Metode Penulisan Karya Ilmiah Adib Sofia oleh Nika Novita

Buku ini sangat cocok dijadikan rujukan oleh orang-orang yang bergelut di bidang akademik, terutama mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan dalam prodi apapun. Karena buku ini berisi panduan untuk membuat tulisan ilmiah yang biasanya identik dengan karya ilmiah mahasiswa seperti makalah, skripsi, tesis, serta disertasi.

Manusia merupakan makhluk yang berakal yang diciptakan sedikit berbeda dengan makhluk lainnya, ia mempunyai kelebihan untuk mengaplikasikan akalnya dalam kehidupan sehari hari, salah satunya ialah penggunaan simbol untuk berinteraksi satu sama lain. Simbol bahasa contohnya, Bahasa merupakan simbol berbentuk bunyi yang memiliki makna. Kemampuan manusia dalam berfikir dapat membentuk Bahasa yang terorganisir dan terstruktur.  Apabila seseorang dapat berpikir secara ilmiah maka ia dapat membahasakannya dengan bahasa ilmiah. Bahasa ilmiah yang dapat dilihat strukturnya secara sistematis  adalah karya ilmiah.

Karya ilmiah merupakan hasil pemikiran pada suatu disiplin ilmu yang disusun secara sistematis, logis, benar, bertanggung jawab, dan menggunakan bahasa yang baik dan benar (Pateda, 1993: 91). Didalam buku ini terdapat langkah langkah untuk menulis karya ilmiah serta panduan dalam penulisannya seperti hal-hal yang harus di perhatikan saat kita menyusun karya ilmiah, tata letak dan lain sebagainya.

Kelebihan yang didapat dari buku ini diantaranya ialah penyertaan latihan di setiap akhir babnya, sehingga kita dapat menerapkan serta melatih langsung pembahasan pada bab yang sudah dibaca sebelumnya. Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan Salinan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) dan Pedoman Transliterasi. Setiap contoh kalimat yang dipakai menggunakan penomoran secara urut hingga akhir penulisan. Namun, dibalik kelebihannya, buku ini juga memiliki kekurangan dalam penulisannya. Sebagai contoh, dalam penulisan di katakan bahwa penulis akan menguraikan 7 pembahasan anak subbab, akan tetapi yang diuraikan hanya ada 6 uraian.

Buku ini dikemas secara sederhana agar dapat diterima dan dipergunakan oleh berbagai pihak. Sebagai bahan ajar untuk siswa, guru, mahasiswa dan dosen serta bagi mitra pustaka untuk kalangan peneliti. Untuk penulis, buku ini dapat dijadikan sebagai wawasan mengenai komposisi sebuah wacana. Untuk mereka yang berprofesi sebagai pengamat Bahasa, buku ini memberikan informasi bahwa mata kuliah Bahasa Indonesia perlu difokuskan pada penulisan karya Ilmiah. Sedangkan untuk kalangan masyarakat umum, buku ini dapat menambah wawasan mereka untuk meningkatkan keterampilan menulis.

Terdapat kaitan antara buku ini dengan bidang keahlian Bahasa dan Sastra Arab. Sebelum kita mengenal lebih dalam mengenai Bahasa arab ada baiknya kita terlebih dahulu mempelajari kaidah kebahasaan dalam Bahasa Indonesia, karena hal tersebut dapat memudahkan kita saat mempelajari lebih dalam Bahasa Asing. Salah satunya Bahasa Arab. Bahkan di prodi Bahasa dan Sastra Arab sendiri terdapat mata kuliah yang membahas penulisan karya ilmiah secara khusus, yaitu mata kuliah Menulis Karya Ilmiah. Oleh sebab itu, buku ini dapat dijadikan sebagai salah satu rujukan untuk mata kuliah tersebut.