Cara Praktis dan Sistematis Mempelajari Nahwu Sharaf

Posted on
Judul buku : Intisari Kaidah Bahasa Arab
Pengarang : Rizki Abdurahman, M.Pd.
Penerbit : INSAN RABANI
Tahun Terbit dan cetakannya : Cetakan pertama 2016, cetakan kedua 2017
Tebal halaman : 444

Oleh Nursyipa Rosidah (Mahasiswa BSA Semester 2 Tahun 2020)

Rizki Abdurahman, lahir di Subang 15 November 1988 dari pasangan Anwarudin dan Een Roheni. Pendidikannya dimulai dari SD di SDN Cicadas Binong Subang, lulus pada tahun 2001, Madrasah Tsanawiyah di Pesantren Persatuan Islam 51 Pamanukan – Subang, lulus pada tahun 2004. Kemudian pernah mengenyam pendidikan non formal di Pesantren Tahdzibul Washiyyah Gumuruh bandung pada tahun 2007 – 2008. Selanjutnya Penulis meneruskan jenjang pendidikan S1 dan S2 jurusan Pendidikan Bahasa Arab FPBS UPI Bandung dan lulus pada tahun 2014.

Nursyipa Rosidah - Intisari Kaidah Bahasa Arab
Resensi buku Intisari Kaidah Bahasa Arab oleh Nursyipa Rosidah

Pengalaman mengajar dan berkaryanya dimulai sejak duduk dibangku perkuliahan melalui organisasi kemahasiswaan bernama KEMABA (Keluarga Mahasiswa Bahasa Arab) pada tahun 2009 – 2011. Beberapa materi yang pernah diajarkan antara lain Ilmu Nahwu, Balaghah, Ulum Alquran, Ulum Hadist, Fiqih, dan Tafsir. Dari pengalaman inilah penulis diberikan karunia oleh Allah untuk menikmati, menekuni, dan mencintai dunia membaca, menulis dan mengajar ilmu – ilmu yang berkaitan dengan bahasa Arab dan keislaman.

Saat ini aktifitas penulis adalah sebagai pengasuh kajian Tafsir Quran, Bukhari, Ulumul Quran, Ilmu Hadist, dan Tafsir Tematik di Mesjid Nuurul Bayaan, pengajar Ulum Alquran, Ushul Fiqih Mu’amalah di Yayasan DT Bandung, asisten asatidz di Pesantren Persatuan Islam 1 Bandung memegang pelajaran Ushul Fiqih dan Faraidh, dosen tetap program studi Pendidikan bahasa Arab di STIT Al-Hidayah Kota Tasikmalaya. Penulis juga beraktifitas sebagai Direktur CV. Insan Rabbani dan Direktur Penerbit Insan Rabbani,

Beberapa karya yang pernah ditulisnya antara lain :  Studi Metodologi Tafsir Ibnu Katsir (Karya Tulis di Ppi 34 Cibegol, 2008), Dirasah al-Muqaramah Baina al-Amr fi Ilmi al-Balaghah wa Ushul al-Fiqh (Studi Perbandingan antara Amr dalam Balaghah dan Ushul Fiqh), Bahasa Arab Manhaj Insani Tingkat Dasar (Insani Rabbani, 2015), Bahasa Arab Manhaj Insani Tingkat Menengah (Insani Rabbani, 2016), dan Intisari Bahasa Arab (Insan Rabbani, 2017).

Mengingat pentingnya peran bahasa Arab dalam dunia Islam khususnya dan dunia internasional secara umum, maka sudah semestinya perlu adanya pengembangan bahasa Arab dari berbagai sisi, sebagai bahasa kehidupan umat islam, maka perlu untuk mengkaji aturan – aturan bahasa Arab yang sering disebut dengan istilah tata bahasa Arab atau kaidah bahasa Arab. Maka buku inilah yang memiliki peran dan fungsi yang sangat vital untuk mengetahui benar dan salahnya bahasa Arab yang digunakan. Kaidah bahasa Arab merupakan tolak ukur seseorang untuk memahami bahasa Arab.

Selain itu banyak sekali orang yang tidak dapat memahami pembelajaran Nahwu, Shorof dan bagi orang-orang awampun jika harus belajar nahwu shorof dalam kitabnya langsung, mereka tidak akan bisa memahami  jika tidak ada yang menjelaskan secara detail dan terperinci. Tapi dengan adanya Intisari Kaidah Bahasa Arab, semua sudah dirangkum dengan jelas dan tidak begitu rumit sehingga pembacapun mudah memahaminya.

Buku Intisari Kaidah Bahasa Arab ini menjelaskan tentang cara praktis dan sistemastis mempelajari nahwu shorof. Rizki Abdurahman adalah penulis beberapa buku tentang konsep kajian ilmu ma’ani, pengantar ilmu tafsir. Selain itu beberapa buku yang terkenal yaitu Bahasa Arab Manhaj Insani Tingkat Dasar, Bahasa Arab Insani Tingkat Menengah dan Intisari Kaidah Bahasa Arab.

Dalam bukunya yang berisi cara praktis dan sistematis  mempelajari Nahwu Sharaf, Rizki Abdurahman, M.Pd mengemas buku ini sebagai saran pembagian ilmu oleh dosen kepada Mahasiswa ataupun dipelajari oleh Mahasiswa itu sendiri dengan bahasa yang mudah dipahami.

Selain itu, Rizki Abdurahman telah memberikan solusi, kontribusi, ilustrasi dan deskripsi mengenai kaidah-kaidah bahasa arab kepada peminat dan pecinta bahasa Arab. Sehingga siapapun yang ingin mempelajari bahasa Arab dengan mudah maka bisa membaca buku ini dan memahaminya.

Buku ini menggunakan bahasa yang mudah dipahami sehingga membuat pembacapun tidak kesulitan dalam memahami materinya dan siapapun bisa belajar bahasa Arab dengan mudah.

Buku Intisari Kaidah Bahasa Arab di rekomendasikan untuk para santri, mahasiswa, ataupun orang-orang yang memiliki tekad kuat untuk mempelajari bahasa Arab. Buku yang satu ini mengajarkan metode nahwu sharaf yang beda dari biasanya. Namun penyajian dari buku ini diringkas kembali sehingga lebih mudah untuk dipahami bagi pembaca.