Belajar Percakapan Bahasa Arab Dengan Kamus Hiwari

Posted on
Judul Buku      Hiwari Kamus Percakapan Bahasa Arab
Pengarang Ahmad Jaelani bin Sanatra
Penerbit Pustaka Imam Adz-Dzahabi
Tahun terbit 2019
Tebal halaman 331 halaman

Buku Hiwari Kamus Percakapan Bahasa Arab ini adalah kamus percakapan yang merupakan kumpulan kosa kata dan ungkapan sehari-hari dalam bahasa arab yang sering digunakan, berdasarkan akumulasi penulis dalam profesinya sebagai pengajar. Isinya singkat dan mudah dipahami oleh pembaca, disertai dengan contoh cara menyusun kalimat (ungkapan) dalam bahasa Arab.

Muhammad Ruslan - Hiwari Kamus Percakapan Bahasa Arab
Resensi Hiwari Kamus Percakapan Bahasa Arab oleh Muhammad Ruslan

Oleh Muhammad Ruslan – Masasiswa Semester 2 Tahun 2020

Buku ini memberikan wawasan bagi pembaca untuk memahami kalimat bahasa arab dan berbicara dengan bahasa arab. Ahmad Jaelani bin Sanatra adalah penulis buku ini sesuai dengan keahlian beliau dalam mengajar, beliau menuangkannya dalam sebuah buku yang berjudul ”Hiwari Kamus Percakapan Bahasa Arab”. Dalam bukunya ia menulis beberapa kosa kata bahasa arab berikut terjemahannya, dan ungkapan dalam bahasa arab beserta terjemahannya. Juga menerangkan cara penyusunan kalimat menurut kaidah nahwu dan contoh pembuatan kalimat (ungkapan) dalam bahasa arab. Ini merupakan tujuan penulis agar pembaca mudah memahami konteks bahasa arab dan juga dapat menambah kosa kata yang terdapat dalam buku.

Ahmad Jaelani bin Sanatra menulis buku ini dengan bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca beserta dengan contoh-contoh ungkapannya. Penulisan kosa kata bahasa arab beserta terjemahannya dan kalimat bahasa arab beserta terjemahannya ke dalam bahasa Indonesia memberikan wawasan luas bagi pembaca untuk lebih mudah dalam belajar bahasa arab. Namun menurut hemat peresensi, sebaiknya penulisan percakapan bahasa Arabnya dilengkapi dengan gambar ilustrasi, tidak hanya berberntuk tulisan saja, agar sebagian pembaca atau pembelajar bahasa Arab pemula tidak mudah bosan dalam mempelajarinya.

Sasaran pembaca untuk buku ini, yaitu untuk siapapun yang ingin belajar bahasa Arab, cocok juga untuk para pemula yang mulai belajar bahasa Arab. Dikaitkan dengan peresensi sebagai mahasiswa di jurusan Bahasa dan Sastra Arab, buku ini sangat bermanfaat sebagai media untuk menambah hafalan kosa kata bahasa Arab, sehingga dapat memberi kemudahan dalam berbicara dengan bahasa Arab dan dapat dipahami oleh orang lain.