4 Skill Membaca Yang Harus Dimiliki Pembelajar Bahasa

Posted on

Judul Buku

Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa

Pengarang

Prof. Dr. Henry Guntur Tarigan

Penerbit

Angkasa Bandung

Tahun Terbit

2008

Cetakan

Edisi Revisi 2008

Tebal Halaman

151 Halaman

ISBN

978-979-404-123-8

Oleh: Munir (Mahasiswa BSA Semester 2 Tahun 2020)

Penulis buku ini adalah Prof. Dr. Henry Guntur Lahir di Linggajulu, kabanjahe, Sumatra Utara tahun 1933. Beliau menyelesaikan  pendidikan pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Padjajaran Bandung (1962), mengikuti Studi Pascasarjana Linguistik di Rijksuniversiteit Leiden Nederland (1971-1973): Meraih gelar Doktor dari Fakultas Sastra Universitas Indonesia (1975) dengan disertasi berjudul Morfologi Bahasa Simalungun. Hingga saat ini menjabat sebagai pengajar di Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni IKIP Bandung dengan pangkat/jabatan terakhir Pembina Utama Muda/Lektor Kepala Gol. IV/c; pada Fakultas Pascasarjana IKIP Bandung, dan STIALAN RI Bandung.

Munir - Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa
Resensi Buku Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa oleh Munir

Buku ini merupakan salah satu karyanya yang membahas hal-hal yang berkaitan dengan proses membaca. Membaca mempunyai peranan sosial yang sangat penting dalam kehidupan manusia sepanjang masa, karena membaca itu merupakan suatu alat komunikasi yang diperlukan dalam masyarakat berbudaya.

 

Buku ini menyajikan lima bab pembahasan. Bab satu tinjauan umum, meliputi membaca dengan keterampilan berbahasa yang mengaitkan hubungan antara berbicara dengan menyimak, hubungan antara menyimak dan membaca, hubungan antara berbicara dengan membaca, dan hubungan antara ekspresi lisan dengan tulisan serta aspek-aspek membacalainya.

Bab dua membaca nyaring,  hal yang di sajikan adalah definisi, keterampilan yang dituntut saat membaca dan peningkatan keterampilan-keterampilan membaca.

 

Bab tiga membaca dalam hati,  berkaitan dengan membaca ekstensif (membaca secara luas) dan membaca intensif (membaca secara t teliti) serta keterampilan-keterampilan yang dituntut ketika membacanya.

 

Bab empat membaca telaah isi,  terbagi atas: membaca teliti; membaca pemahaman; membaca kritis; membaca ide. Pada setiap bagian terdapat maksud dan penjelasan yang terperinci.

 

Bab lima membaca telaah bahasa, bahasannya mencakup; membaca bahasa dan membaca sastra. Pada membaca bahasa bertujuan untuk memperbesar daya kata dan mengembangkan kata-kata kritik. Pembahasan membaca sastra meliputi bahasa ilmiah dan bahasa sastra serta gaya bahasa.

 

Kelebihan buku ini, bahasanya komunikatif dan diksi yang baik. Target utamanya adalah calon guru dan guru, karena ini menjadi tuntutan mutlak bagi profesi mereka. Mereka harus belajar membaca untuk menambah wawasan dan keilmuan mereka sendiri dan harus mengajar membaca kepada para siswa/i-nya. Penulis buku ini juga menyebutkan bahwa buku ini disusun khusus untuk memenuhi kebutuhan para mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra. Jadi cocok untuk teman-teman yang belajar Bahasa dan Sastra terutama Sastra Indonesia.