Jangan Salah Memahami Kata-Kata Populer di Sekitar Kita

Posted on
Judul buku Kamus Istilah Populer
Penulis Achmad Fanani
Penerbit Mitra pelajar
Cetakan Ketiga, 2012
Tebal 448 halaman
Ukuran 12×19 cm
ISBN 979-25-4546-8

Oleh Ihsan Adnan Muaffaq (Mahasiswa BSA Semester 2 Tahun 2020)

Kamus Istilah Populer oleh Ihsan Adnan Muaffaq
Resensi Buku Kamus Istilah Populer oleh Ihsan Adnan Muaffaq

Buku ini mempunyai beberapa alasan untuk saya resensi. Pertama karena saya baru pertama kali mengetahui adanya kamus yang isinya memaparkan  kata-kata yang dianggap sebagai kata populer. Kedua karena buku ini cocok dengan saya yang biasa mendengar beberapa kata yang sebenarnya sering digunakan tetapi  tidak mengetahui pasti arti kata tersebut. ketiga buku ini cocok dengan zaman sekarang yang dimana seiring berkembangnya zaman yang mengglobal turut pula menambah perbendaharan istilah-istilah. Inilah beberapa alasan saya untuk meresensi buku ini.

Buku ini ditulis oleh Achmad Fanani. Beliau adalah alumnus dari Universitas Airlangga Surabaya. Sehari-harinya dalah seorang staff pengajar di Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum, Jombang, Jawa timur dan di STIKES Tambak Beras, Jombang. Ulasan tersebut menurut biografi penulis yang saya baca di bagian akhir buku ini. Selain membaca biografi beliau di buku ini, saya juga mencari tentang biografi beliau di internet. Ternyata buku ini bukan buku pertama yang beliau tulis. Buku yang sudah beliau tulis misalnya, “cara mudah menguasai TOEFL” (Diglosssia 2004), “Job Seeking: Cara Mudah Mencari Kerja“ (Diglossia 2004) dan lain-lain.

Buku kamus istilah populer ini adalah kamus yang didalamnya terdapat kumpulan kata-kata yang dianggap populer beserta penjelasannya. Dalam memaparkan penjelasan, penulis menjelaskannya dengan singkat dan padat. Sehingga ketika membacanya, pembaca langsung dapat memahami arti kata tersebut.

Dalam buku ini penulis menyusun kata populer berdasarkan huruf abjad, seperti kamus-kamus pada umumya. Kata-kata populer yang terdapat dalam buku ini berasal dari beragam bahasa, mulai dari bahasa Indonesia, Inggris, Spanyol dan lain-lain. Dan terdapat pula singkatan-singkatan yang sering beredar di masyarakat. Jadi kata-kata populer dalam buku ini bisa dikatakan tidak sepenuhnya berasal dari bahasa baku Indonesia. Contoh kata asing yang terdapat dalam buku ini adalah kata black out, kata yang berasal dari bahasa Inggris yang diartikan dalam buku ini sebagai pemadaman total. Adapun salah satu singkatan yang terdapat buku ini adalah “PKI” dan kemudian penulis memaparkan kepanjangan singktan tersebut. Kata-kata populer dalam buku ini bisa dikatakan lengkap, karena kata-kata yang di dalam buku ini mencangkup kesegala lapisan masyarakat. Baik dalam bidang keilmuan ataupun sehari-hari.

Buku ini bisa dikatan tidak terlalu besar. Dengan ukuran 12×19 cm dengan tebal 448 halaman, sehingga buku ini menurut saya masih bisa sebagai buku yang dapat dibawa kemana-kemana. Selain memaparkan kata-kata populer, buku ini juga menyajikan beberapa pegetahuan misalnya, lambang unsur kimia, daftar plat nomor kendaraan di Indonesia, daftar plat nomor kendaraan pejabat negara, daftar plat nomor khusus, dan daftar mata uang. Pengetahuan-pengetahuan tambahan ini bisa menjadi nilai tambahan bagi buku ini. Adapun sebagai kritik dari saya pribadi, buku ini tidak terdapat penanda abjad bada bagian pingir halaman yang dapat lebih memudahkan pembaca dalam mencari kata yang ingin dicari.

Buku ini terposisikan untuk semua kalangan, dari pelajar tingkat SD sampai dengan perguruan tinngi, dan kalangan yang ingin menambah wawasan dalam menambah pengetahuan bahasa. Buku ini tidak hanya cocok untuk yang hanya mendalami dalam bidang bahasa, dapat pula di pakai oleh pelajar dalam bidang fisika, kimia, biologi, ekonomi, hukum, sosia, dan lain-lain. Dikerenakan kata kata populer dalam buku ini mencakup kesegala bidang pembelajaran.