Panduan Menulis Karya Ilmiah Untuk Pemula

Posted on
Judul Bahasa Indonesia (Panduan Karya Tulis Ilmiah)
Penulis Dra. Hj. Enung K. Rukiati, M.Pd.

Dr. H. Asis Saefuddin, M.Si.

Dr. H. Badrudin, M.Ag.

Dra. Hj. Yasniwarti, M.Pd.

Cetakan Keempat ; Januari 2018
Penerbit CV. Insan Mandiri, Bandung
ISBN 978-602-7755-48-2

Oleh Silmi Ibnit Haudia (Mahasiswa BSA Semester 2 Tahun 2020)

Buku Panduan Karya Tulis Ilmiah ini digunakan sebagai panduan pembelajaran beberapa mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Buku ini karena sangat relevan dan sangat dibutuhkan untuk mahasiswa yang mempelajari kebahasaan seperti saya, khususnya  dalam mata kuliah Menulis Karya Ilmiah (MKI). Tidak hanya bahasa Indonesia tapi juga bahasa Arab. Karena sejatinya, karakteristik setiap bahasa memiliki persamaan disamping perbedaannya. Jadi menurut saya, jika kita ingin menguasai bahasa asing. Maka kita dituntut untuk menguasai bahasa kita sendiri terlebih dahulu.

Buku Panduan Karya Tulis Ilmiah oleh Silmi Ibnit Haudia
Resensi Buku Panduan Karya Tulis Ilmiah oleh Silmi Ibnit Haudia

Buku ini menjadi sebuah solusi bagi para mahasiswa dalam meningkatkan kualitas penggunaan bahasa Indonesia dalam tata tulis ilmiah maupun dalam bahasa lisan. Tidak hanya untuk bahan bacaan, buku ini dibuat oleh tim dosen bahasa Indonesia Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung sebagai panduan alternatif, rujukan, panduan mahasiswa, juga sebagai bahan pegangan pengajar (dosen).

Cetakan terbaru dari buku ini merupakan hasil revisi dengan memasukkan materi Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 50 Tahun 2015 tentang Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Sehingga membuat para pembacanya mendapatkan pengetahuan baru yang lebih kekinian dalam mengolah karya tulis ilmiah.

Tidak hanya itu, Lima belas bab dalam buku ini membahas tentang karya tulis ilmiah mulai dari kalimat efektif dan tidak efektif, paragraf, menuangkan gagasan dan mengembangkan topik karangan, konvensi naskah, laporan dan skripsi, penerapan keterampilan berbahasa pada tataran praktis, dan hal lain yang bersangkutan dengan karya tulis ilmiah yang membantu para mahasiswa atau pembacanya memahami tatanan bahasa dalam membuat karya tulis ilmiah dengan baik. Buku ini pun disertai dengan beberapa contoh yang sangat memudahkan kami dalam memahaminya.

Dari semua kelebihan yang terdapat dalam buku ini, mungkin terdapat sedikit kekurangan dalam pandangan saya. Buku yang praktis dan ringkas ini memang menjadikan kami lebih mudah dalam memahami bacaan. namun definisi dan referensi yang relatif sedikit membuat kami tidak dapat banyak mengeksplor dan membandingkan pengetahuan lebih jauh lagi. Alangkah lebih baik jika buku ini menggunakan lebih banyak definisi atau referensi dari berbagai ahli agar para pembaca tidak hanya ahli dalam praktik tapi juga mendapat pandangan dan wawasan luas dalam teori.

Selebihnya buku ini sangat saya rekomendasikan untuk para mahasiswa dari jurusan manapun. Karena didalamnya membahas tentang laporan dan skripsi yang menjadi syarat kebutuhan untuk menyelesaikan perkuliahan.