Mengapa Memilih Metode Cepat Belajar Bahasa Arab El-Matroed?

Posted on

Judul Buku                  : Metode Cepat Belajar Bahasa Arab Metode Rumus El-Matroed

Penulis                         : Abdullah Al Matrud

Desain Cover              : Abu Haidar Design

Penerbit                       : Al-Kamil Publishing

Harga                          : Rp.50.000’-

Ketebalan                    : 150 Halaman

Ukuran                         :12 x 18 cm

ISBN                           : 978-602-6239-02-0

Edisi                            : Revisi

Cetakan Pertama         : November 2019 M/ Jumadil Awwal 1441 H

Oleh : Resi Resdiana, Mahasiswi BSA Semester 2 Tahun 2020

Buku berjudul Metode Cepat Belajar Bahasa Arab ini ditulis oleh Abdullah Al Matrud. Lahir 26 Juni 1988, dari pasangan Habibah dan Muhammad Anwar (almarhum). Suami dari Hannah Kiroma. Beliau adalah anak terakhir dari 6 bersaudara. Saat ini beliau aktif mengajar di SDIT As-Sabiquun Cikarang Bekasi. Beliau adalah salah satu alumni dari pondok pesantren Darusy-Syahadah di Solo. Sampai saat ini beliau masih kuliah mengambil Jurusan Fakultas Syari’ah Dan Bahasa Arab di LIPIA Jakarta. Abdullah Al Matrud adalah pendiri Lembaga Pendidikan Bahasa Arab Taisirul Qur’an sekaligus sebagai penemu metode RUMUZ. Yaitu sebuah metode pembelajaran bahasa Arab dengan mengemas kaidah-kaidah bahasa arab berbentuk pola-pola yang mudah diingat dan dihafalkan.

Resi Resdiana - BSA UIN Bandung
Resensi buku oleh Resi Resdiana

Anggapan bahwa bahasa Arab sebagai bahasa yang sulit dan rumit dipelajari tidaklah sepenuhnya benar. Buktinya banyak sekali kalangan orang non Arab yang bisa menguasai bahasa Arab. Masyarakat saai ini masih terkendala dengan metode yang rumit dan sulit, sehingga mereka beranggapan belajar bahasa Arab susah dan sulit.

Buku Metode Cepat Belajar Bahasa Arab ini adalah buku yang berisikan ilmu nahwu, kosakata dan ungkapan sehari-hari dalam bahasa Arab yang sering digunakan. Buku ini sangat cocok dijadikan rujukan oleh para santri, pelajar dan orang-orang non akademik yang ingin belajar bahasa Arab dengan mudah.  Karena buku ini berisikan panduan tata cara menggunakan bahasa Arab yang benar dan sesuai dengan kaidahnya.

Abdullah Al Matrud menulis buku ini dengan bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca beserta dengan contoh-contoh ungkapannya. Ia menulis beberapa kosakata beserta terjemahannya dan juga menerangkan cara penyusunan kalimat menurut kaidah nahwu dan contoh pembuatan kalimat (ungkapan) dalam bahasa arab. Dengan tujuan agar pembaca mampu memahaminya dengan mudah dan kosakata yang ada dalam buku ini dapat dihafal dengan mudah.

Kelebihan yang di dapat dari buku ini diantaranya ialah penyertaan latihan di setiap akhir babnya, sehingga kita dapat menerapkan serta melatih langsung apa yang telah kita pelajari dan kita baca pada bab sebelumnya. Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan bagan-bagan ilmu nahwunya.

Buku ini dikemas secara sederhana dan  minimalis sehingga para pengguna dapat membawanya kemana-mana. Sebagai bahan ajar untuk para santri, pelajar dan kalangan biasa yang ingin belajar bahasa Arab akan mudah dengan menggunakan metode yang ada pada buku ini. Ilmu nahwunya yang sangat mudah di pelajari dan dilengkapi dengan kamus mininya. Buku ini dapat dijadikan sebagai salah satu rujukan untuk semua kalangan.