Muntaha, Teknik Belajar Bahasa Arab untuk Pemula

Posted on

Judul : Paduan Belajar Bahasa Arab Muntaha (Belajar Cepat Bahasa Arab Dengan Teknik Baru)

Penulis : Mokhamad Rohma Rozikin, M.Pd

Penerbit : Pustaka Yazku

Tahun terbit : 2018

Tebal halaman : 274 Halaman

Oleh: Muhammad Raihan Falah Sutisna, Mahasiswa BSA Semeseter 2 Tahun 2020 (insomnia.hanz@gmail.com)

Sebagian besar orang, mungkin pernah mengira bahwa ilmu tata Bahasa Arab itu rumit dan sulit, sehingga kesannya mustahil bagi siapapun untuk mampu menguasai tata bahasa Arab selain orang-orang yang memang hanya berkonsentrasi untuk menekuninya, seperti harus menjadi santri dulu, atau belajar menuntut ilmu di suatu lembaga. Anggapan seperti ini pasti nyata adanya di kalangan pelajar di Indonesia saat ini, sehingga berdampak pada minat pelajar dan umat Islam pada umumnya untuk menekuni ilmu tata bahasa Arab, walaupun mereka mengerti akan pentingnya bahasa Arab sebagai bahasa Agama mereka, satu-satunya bahasa yang utuh dan benar. Anggapan ini terjadi karena seringkali pelajaran tata bahasa Arab masih disajikan secara terpisah-pisah dan tidak utuh yang mengaitkan antara bagian satu dengan yang lainnya.

Muhammad Raihan Falah Sutisna - BSA UIN Bandung
Resensi buku oleh Muhammad Raihan Falah Sutisna

Buku ini hadir sebagai jawaban bagi orang-orang yang masih mempunyai anggapan bahwa ilmu tata bahasa Arab sangatlah sulit, buku yang dikemas dengan sangat baik. Sang penulis yakni Muhammad Rohma Rozikin, M.Pd. mampu membawa sang pembaca larut dalam ilmu tata bahasa Arab yang lebih mudah dicerna oleh orang-orang yang mau belajar bahasa Arab secara otodidak, dan hal ini dibuktikan dengan testimoni-testimoni yang diberikan oleh penulis kepada beberapa pembaca, seperti ibu rumah tangga, dosen, bahkan PNS.

Kelebihan buku ini ialah memiliki buku latihannya sendiri yang terpisah, agar apa yang telah dipelajari dari buku teorinya bisa langsung di aplikasikan dalam buku latihan tersebut. Buku ini juga memiliki kelebihan yang lain, yaitu disetiap bab selalu diselipkan berbagai kata-kata mutiara dari para ulama-ulama dahulu, yang membuat karya ini semakin menarik itu dibaca. Namun, sayang sekali buku ini memiliki sedikit kekurangan dalam pandangan Saya, yaitu kurangnya contoh-contoh pembuatan kalimat di setiap babnya, sehingga agak menyulitkan jika ingin memvariasikan berbagai kalimat dengan kosakata lainnya.

 

Buku ini cocok untuk para pemula yang ingin belajar bahasa Arab dari dasar, pengemasan yang baik, singkat namun padat, dapat membuat para pembaca merasa betah & ingin terus mempelajari bahasa Arab, bahasa yang kaya akan kosakata, dan bahasa yang akan kelak menjadi bahasa di surga. Cocok untuk direkomendasikan kepada masyarakat yang tidak memiliki banyak waktu luang, sebuah maha karya yang pas untuk para pelajar yang belajar secara otodidak.