Kurikulum KKNI BSA UIN Bandung

Posted on

ISI KURIKULUM

Pendahuluan

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai capaian pembelajaran lulusan, bahan kajian, proses,  dan penilaiannya yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan program studi (Permenristekdikti, Pasal 1 ayat 6) di perguruan tinggi.

Jurusan Bahasa dan Sastra Arab adalah Jurusan yang mengembangkan diri dalam bidang kebahasaan dan kesusastraan Arab. Kajian kebahasaan dan kesusastraan yang dikembangkan meliputi aspek-aspek gramatikal kebahasa-Araban, kajian-kajian kesusastraan, penerjemahan dari bahasa Arab (sumber) ke bahasa sasran (Indonesia), dan editing yang didesain berdsarkan kurikulum yang mengacu pada KKNI.

Jurusan Bahasa dan Sastra Arab memisahkan antara bidang kebahasaan dan kesusastraan secara pengelompokan ilmu, tetapi dalam praktiknya dilakukan secara terintegrasi. Keduanya dikaji secara bersamaan dengan tujuan mendapat keutuhan pemahaman antara aspek kebahasaan dan aspek kesusastraan karena medium karya sasta adalah bahasa (termasuk dalam proses penerjemahan lisan dan tulisan serta editing).

Landasan Kurikulum (Normative Reference)

    1. Undang-undang No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
    2. Undang-Undang Republik Indonesia nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi yang selanjutnya disingkat UU Dikti 12/2012. Pasal 29 UU Dikti 12/2012
    3. Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum
    4. Peraturan Pemerintah No.31 Tahun 2006 Sistem Pelatihan Kerja Nasional
    5. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 Tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia
    6. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 73 Tahun 2013 Tentang Penerapan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia Bidang Pendidikan Tinggi
    7. Kementerian Agama RI, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Direktorat Pendidikan Islam Tentang Petunjuk Teknis Pengembangan kurikulum Berbasis Kompetensi Dengan Merujuk Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).
    8. Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia nomor 44 tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi
    9. Keputusan Menteri Keuangan Nomor : 251/KMK.05/2008 tanggal 10 September 2008 tentang Penetapan UIN SGD Bandung pada Kementerian Agama sebagai Instansi Pemerintah yang Menerapkan Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum;
    10. Peraturan Menteri Agama Nomor 3 Tahun 2006 tentang Organisasi dan Tata Kerja Departemen Agama;√
    11. Keputusan Menteri Agama RI. Nomor 14 Tahun 2015 tanggal 25 Februari 2015 tentang Statuta UIN Sunan Gunung Djati Bandung;
    12. Keputusan hasil Semiloka Nasional Kurikulum Program Studi Bahasa dan Sastra Arab Berbasis KKNI yang diselnggatakan oleh Asosiasi Program Studi Bahasa dan Sastra Arab (AP-BSA) pada tanggal 5-7 Agustus 2016

 

Struktur Kurikulum

Visi, Misi, dan Tujuan

Visi 

Unggul dan kompetitif dalam bidang bahasa dan sastra Arab tingkat ASEAN berbasis khazanah Lokal Islam tahun 2025

Misi 

  1. Menyelenggarakan kegiatan akademik dan profesional bidang bahasa dan sastra Arab berbasis Lokal Islam;
  2. Mengaplikasikan kajian keilmuan bidang bahasa dan sastra Arab melalui kegiatan-kegiatan ilmiah; dan
  3. Mendesain dan menyebarluaskan program pengabdian masyarakat dari hasil kajian keilmuan dengan memanfaatkan teknologi yang relevan

Tujuan

  1. Menghasilkan sarjana yang unggul dan kompetitif yang menguasai konsep teoretis dalam bidang bahasa dan sastra Arab;
  2. Menghasilkan sarjana yang mampu melakukan kajian bidang ilmu bahasa dan ilmu sastra Arab;
  3. Menghasilkan sarjana yang mampu memanfaatkan hasil kajian bahasa dan sastra Arab kepada masyarakat dengan memanfaatkan teknologi yang relevan;

Profil Lulusan

  1. Analis Bahasa Arab
  2. Analis Sastra Arab
  3. Praktisi Penerjemahan Tingkat
  4. Editor Madya

  1. Capaian Pembelajaran (Learning Outcome)
  2. Capaian Pembelajaran (1) Sikap dan Tata Nilai [1]
  3. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  4. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral,dan etika;
  5. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  6. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungLokalb pada negara dan bangsa;
  7. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  8. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  9. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  10. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  11. Menunjukkan sikap bertanggung atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  12. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  13. Capaian Pembelajaran (2) Penguasaan Pengetahuan[2]
  14. Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.
  15. Menguasai konsep teoretis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoretis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.
  16. Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok.
  17. Bertanggung pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung atas pencapaian hasil kerja organisasi.
  18. Capaian Pembelajaran (3) Ketrampilan Umum[3]
  19. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai adab dan humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  20. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  21. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai adab dan humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  22. Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  23. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  24. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
  25. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.
  26. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggungjawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
  27. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;

Capaian Pembelajaran (3) Ketrampilan Khusus Prodi BSA UIN Bandung

Analis Bahasa Arab

  • Mampu menganalisis fenomena bahasa Arab dan bahasa lokal dengan memanfaatkan teknologi yang relevan
  • Mampu berkomunikasi dengan bahasa Arab secara baik dan benar;
  • Mampu beradaptasi menghadapi fenomena bahasa Arab dan bahasa lokal serta memberikan usulan penyelesaian problematika berdasarkan data yang ada.

Analis Sastra Arab

  • Mampu menganalisis karya sastra Arab dan sastra lokal dengan memanfaatkan teknologi yang relevan
  • Mampu mengapresiasi, menilai, dan mencipta karya sastra Arab dan karya sastra lokal secara efektif, efisien, dan santun berbasis khazanah Lokal Islam
  • Mampu beradaptasi menghadapi fenomena Sastra Arab dan sastra lokal dan memberikan usulan penyelesaian problematika berdasarkan data yang ada.

Praktisi Penerjemahan

  • Memahami teori penerjemahan dan mampu menerjemahkan literatur berbahasa Arab ke dalam bahasa sasaran dan sebaliknya, secara lisan dan tulisan
  • Mampu menganalisis teks-teks terjemahan dari bahasa Arab ke bahasa sasaran
  • Mampu mempublikasikan hasil terjemahan yang dapat dipertanggungjawabkan dengan memanfaatkan teknologi yang relevan

Editor Madya

  • Mampu memahami gagasan penulis dalam teks berbahasa Arab dan lokal;
  • Mampu menyunting naskah, baik dari aspek bahasa maupun isi, sesuai kaidah kebahasaan
  • Mampu mengkomunikasikan suntingan naskah kepada penulis secara  santun dengan memanfaatkan teknologi yang relevan

[1] Merupakan perilaku benar dan berbudaya sebagai hasil dari internalisasi dan aktualisasi nilai dan norma yang tercermin dalam kehidupan spiritual dan social melalui proses pembelajaran, pengalaman kerja mahasiswa, penelitian dan/atau pengabdian masyarakat yang terkait pembelajaran.(Standar Kompetensi Lulusan Pasal 6, Ayat 1, PERMEN DIKBUD RI No. 49 Thn 2014 ttg SNPT)

[2] Pengetahuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 5 ayat (1) merupakan penguasaan konsep, teori, metode, dan/atau falsafah bidang ilmu tertentu secara sistematis yang diperoleh melalui penalaran dalam proses pembelajaran, pengalaman kerja mahasiswa, penelitian dan/atau pengabdian kepada masyarakat yang terkait pembelajaran, .(Standar Kompetensi Lulusan Pasal 6, Ayat 2, PERMEN DIKBUD RI No. 49 Thn 2014 ttg SNPT) dan WAJIB disusun oleh forum program studi sejenis atau nama lain yg setara atau pengelola prodi dlm hal tdk memiliki forum prodi sejenis (Pasal 7 Ayat 3), Rumusan Capaian Pembelajaran Lulusan diusulkan kpd DirJen utk ditetapkan, (Pasal 7, Ayat 4).

[3]Kemampuan kerja umum yang wajib dimiliki oleh setiap lulusan dalam rangka menjamin kesetaraan kemampuan lulusan sesuai tingkat program dan jenis pendidikan tinggi (merupakan kemampuan melakukan unjuk kerja dengan menggunakan konsep, teori, metode, bahan, dan/atau instrumen, yang diperoleh melalui pembelajaran, pengalaman kerja mahasiswa, penelitian dan/atau pengabdian kepada masyarakat yang terkait pembelajaran).(Standar Kompetensi Lulusan Pasal 6, Ayat 3,a, PERMEN DIKBUD RI No. 49 Thn 2014 ttg SNPT)

  1. Mata Kuliah Kompetensi Utama
No Kode Mata Kuliah SKS
1 KU502001 Bahasa Arab Amiyah 2
2 KU502002 Balaghah 2
3 KU502003 Editing 2
4 KU502004 Filsafat Bahasa 2
5 KU502005 Fonologi 2
6 KU502006 Istima’ 4
7 KU502007 Jurnalistik 4
8 KU502008 Kalam 4
9 KU502009 Kemahiran Membaca Bahasa Arab 2
10 KU502010 Kemahiran Menulis Bahasa Arab 2
11 KU502011 Kitabah 4
12 KU502012 Komputer Terapan 2
13 KU502013 Kritik Sastra Arab 2
14 KU502014 Linguistik Umum 2
15 KU502015 Lintas Budaya 2
16 KU502016 Masyarakat dan Kebudayaan Arab 2
17 KU502017 Menulis Jurnal 2
18 KU502018 Menulis Karya ilmiah 4
19 KU502019 Menulis Kreatif 2
20 KU502020 Metode penelitian Bahasa 4
21 KU502021 Metode Penelitian Sastra 2
22 KU502022 Morfologi 2
23 KU502023 Nahwu 2
24 KU502024 Pengantar Ilmu Sastra 2
25 KU502025 Pengkajian Drama Arab 2
26 KU502026 Pengkajian Prosa Arab 2
27 KU502027 Pengkajian Puisi Arab 2
28 KU502028 Pragmatik 2
29 KU502029 Qiraah 4
30 KU502030 Sastra Bandingan 2
31 KU502031 Sastra Indonesia 2
32 KU502032 Sastra Sunda 2
33 KU502033 Sejarah Sastra Arab 2
34 KU502034 Semantik 2
35 KU502035 Semiotik 2
36 KU502036 Sharaf 2
37 KU502037 Sintaksis 4
38 KU502038 Sosiolinguistik 2
39 KU502039 Stilistika 2
40 KU502040 Teori Filologi 2
41 KU502041 Teori Sastra Arab 4
42 KU502042 Teori Terjemah 2
43 KU502043 Terjemah Arab-Indonesia 2
44 KU502044 Terjemah Idiomatik 2
45 KU502045 Terjemah Indonesia-Arab 2
46 KU502046 Terjemah Lisan 2
47 KU502047 Terjemah Profesi 2
48 KU502048 Wirausaha 2
108

  1. Mata Kuliah Kompetensi Pendukung
No Kode Mata Kuliah SKS
1 KP502001 Pendidikan Kewarganegaraan 2
2 KP502002 Bahasa Inggris Elementary 2
3 KP502003 Bahasa Inggris Intermadite 2
4 KP502004 Bahasa Inggris Advance 2
5 KP502005 Ulum al-Quran 2
6 KP502006 Ulum al-Hadits 2
7 KP502007 Ilmu Budaya Dasar 2
8 KP502008 Filsafat Umum 2
9 KP502009 Filsafat Ilmu 2
10 KP502010 Sejarah Peradaban Islam 2
11 KP502011 Ilmu Akhlaq 2
12 KP502012 Pengantar Studi Islam 2
13 KP502013 Bahasa Indonesia 2
14 KP502014 Kaligrafi 2
15 KP502015 Filsafat Islam 2
16 KP502016 Ilmu Fiqh 2
17 KP502017 Praktik Ibadah 0
18 KP502018 Praktik Tilawah 0
19 KP502019 Tahfidz al-Quran 0
Jumlah 32

III. Mata Kuliah Kompetensi  Lainnya

No Kode Mata Kuliah SKS
1 KL502001 Praktik Profesi Lapangan (PPL) 2
2 KL502002 KKM 2
3 KL502003 Skripsi 6
4 KL502004 Komprehensif 2
Jumlah 12

Catatan :

No Jenis Mata Kuliah SKS Prosentasi
1. Mata Kuliah Kompetensi  Utama 108 65 %
2. Mata Kuliah Kompetensi Penciri 7 %
3. Mata Kuliah Kompetensi Pendukung 32 21 %
4. Mata Kuliah Kompetensi Lainnya 10 7 %
Jumlah 150 100 %